Minggu, 23 Februari 2014

Manfaatkanlah Waktumu Sebaik Mungkin

manajemen waktu

Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu..

Sahabatku yang merindukan ridho Allah dan Syurga-Nya. Masa, abad, waktu, tahun, bulan, pekan, hari, jam, menit, detik terus terjadi, terus berjalan.

Tidak ada satu makhluk pun yang mampu menghentikan berjalannya waktu.

“…Dan masa (kejayaan dan kehancuran) itu kami pergilirkan di antara manusia (agar mereka mendapat pelajaran)…” (QS Ali Imran: 140)

Peristiwa demi peristiwa tergilir dan terjadi dalam tiap waktu. Ada yang diatas ada yang di bawah. Ada yang di bawah lalu ke atas, ada yang di atas lalu ke bawah. Ada yang sehat ada yang sakit. Ada yang hidup ada pula yang mati. Semua terjadi dalam perjalanan waktu.

Sungguh, detik demi detik itu adalah waktu yang sangat mahal yang tidak akan bisa di tukar walaupun dengan kekayaan sebanyak apa pun. Manusia tidak akan bisa mengulang waktu walau sedetik yang sudah dia lalui.

Karena itu, di akhirat nanti, SubhanAllah, seluruh manusia pada menyesal dan minta dikembalikan ke muka bumi ini walau sedetik untuk bertaubat dan beramal shaleh.

Orang yang berbuat zalim berkata, “kembalikanlah kami ke muka bumi walau sedetik, niscaya kami akan menjadi orang shaleh.”

Orang yang tidak beriman berkata, “kembalikanlah kami ke muka bumi walau sedetik, niscaya kami akan menjadi orang yang beriman.”

Orang yang pelit berkata, “kembalikanlah kami ke muka bumi walau sedetik, niscaya kami akan menjadi orang yang dermawan.”

Detik demi detik sangat berharga.

Demi masa.

Demi detik.

Karena itu orang yang beriman sangat menghargai detik demi detik.

Hal-hal yang tidak bermanfaat akan dia tinggalkan demi menjaga detik demi detik yang berharga. Dan setiap waktu yang ALLAH berikan kepada kita, detik demi detik itu akan dimintakan pertanggungjawaban di hadapan ALLAH.

Karena itulah Ada ibadah seumur hidup, yaitu haji.

Ada ibadah tahunan seperti shalat Idul Fitri dan Idul Adha.

Ada ibadah bulanan, yaitu puasa setiap tanggal 13, 14, 15 di bulan hijriyah.

Ada ibadah mingguan yaitu shalat jum’at.

Ada ibadah harian yaitu shalat lima waktu.

Ada ibadah detik yaitu berdzikir.

Itulah denyut jantung orang-orang yang mengenal ALLAH.

Ya ALLAH, hidupkanlah hati hambamu ini dalam setiap denyut jantung agar senantiasa ingat kepada-MU.

SubhanAkallahumma wabihamdika, asyhadu alla ilaha illa Anta, astaghfiruka wa atubu ilaih.

0 comments:

Posting Komentar