Kamis, 27 Februari 2014

Sunnah Nabi 7 : Beristighfar Setiap Saat

mengingat Allah

Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu..

Sahabat sholehku yang di rahmati ALLAH, Beristighfar setiap saat, beristighfar setiap detik, beristighfar setiap denyut jantung, setiap panas, fi kulli lamhatin wa nafasin.

Ada berita yang sangat menggembirakan. Rasulullah Saw bersabda, siapa yang melazimkan membiasakan beristighfar, maka Allah lapangkan saat ia sempit, Allah mudahkan saat ia sulit, Allah gembirakan saat ia sedih, dan Allah beri rezeki untuknya dari jalan yang tidak pernah ia duga. (HR. Ahmad dan Abu Dawud)

“Maka aku katakan kepada mereka, “Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai (QS. Nuh ayat 10, 11, 12)

Di dalam surah itu dijelaskan bahwa Allah akan memberikan generasi yang shaleh, kemudahan dalam mendapatkan rezeki, dan kemakmuran hidup. Negerinya juga penuh keberkahan. Tak terbayang jika di negeri ini semua umat Islam berdzikir, beristighfar, bertaubat kepada Allah, sehingga Allah menurunkan keberkahan untuk negeri ini dari langit dan dari bumi.

Mari kita beristighfar, berdzikir dan bertaubat.

Berdzikirlah kalian kepada Allah, beristighfarlah kalian kepada Allah, niscaya Dia akan beri kedamaian, kebahagiaan, kemenangan.

Wahai orang-orang  yang beriman, bertaubatlah kalian kepada Allah, supaya kalian akan menang, kalian akan bahagia, dan kalian akan diberikan kemakmuran.

Maka kalau negeri ini ingin makmur, kita semua harus melazimkan istighfar, karena semua masalah yang ada ini disebabkan dosa-dosa kita. Insya Allah dengan istighfar, Dia akan ampuni dosa-dosa kita, lalu Dia beri jalan keluar dari semua masalah yang kita hadapi selama ini. Ini tidak cukup diselesaikan dengan para ilmuwan. Banyak pakar malah banyak makar. Selesaikanlah dengan mohon ampun kepada Allah. Maka dia akan memberikan ide-ide untuk menyelesaikan masalah-masalah yang kita hadapi.

Orang itu kalau banyak istighfar akan disayang oleh Allah, karena ia menyukai kesucian. Ia beristighfar karena ingin dirinya suci.

Istighfar akan membuat hati ini jadi halus. Istighfar membuat doa mustajab, istighfar membuat kita saling menyanyangi. Kita pun akan disayangi oleh Allah.

Perbanyaklah istighfar sahabatku, lakukanlah ini terus menerus, mumpung masih hidup. Karena dunia ini adalah jihad, wal mautu rahah.

Dunia ini adalah jihad, tempatnya berjuang, berkorban, dan bercapek-capek.

Kalau begitu kapan dong istirahatnya?

Al-mautu rahah. Kematian itulah waktu istirahat kita.

Sahabatku yang dirahmati ALLAH, mulailah saat ini untuk melaksanakannya. Bertekadlah dengan sungguh-sungguh. Jika kita sudah istiqamah mengerjakan itu semua, kembangkan lagi, tambahkan lagi dengan ibadah-ibadah lainnya; puasa Senin dan Kamis dan lainnya, kita lanjutkan lagi dengan beramar ma’ruf dan nahi mungkar, lalu kita lanjutkan bersama-sama untuk menegakkan syariat Allah.

Inilah ciri khas orang-orang yang beriman. Yang paling cerdas, yang paling pintar di antara umatku ialah mereka yang paling banyak ingat mati lalu mempersiapkan hidup setelah mati.

Nah, istighfar adalah salah satu dari 7 Sunnah harian Nabi Muhammad Saw sebagai persiapan kita untuk menghadap sang pencipta, ALLAH SWT.

Kematian itu adalah kerinduan, karena mati itu adalah pintu berjumpa dengan Allah ‘Azza wa Jalla. Di dunia ini kita menanam, ada saatnya bagi kita untuk mengetam. Selamat mengetam sahabat-sahabatku, tampilkanlah yang terbaik dan raihlah kemenangan.

SubhanakAllahumma wabihamdika, asyhadu alla ilaha illa Anta, astaghfiruka wa atubu ilaih.

0 comments:

Posting Komentar