Kamis, 27 Februari 2014

Sunnah Nabi 5 : Bersedekah Setiap Hari

SedekahAssalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu..

Sahabatku yang dirahmati ALLAH, Rasulullah Saw menjelaskan, carilah rezeki dengan bersedekah. Jadi, siapa pun yang ingin mendapatkan rezeki dengan mudah, mulailah dengan bersedekah.

Bukankah sebelum mendapatkan ikan kita harus memancing? Ketika memancing, kita memberikan makanan (umpan) di pancingan kita untuk menangkap ikan-ikan. Maka siapa pun yang ingin menangkap rezeki di dunia ini, mulailah dengan sedekah.

“Dan orang yang disempitkan rezekinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya.  Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan sekadar apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan.” (QS. ath-Thalaaq: 7)

Niscaya Allah mudahkan urusannya. Allah mudahkan saat ia sulit. Allah berikan jalan keluar saat ia dalam masalah. Doanya mustajab. Bahkan dirinya pun dijaganya melalui sedekah.

Nabi Muhammad Saw mengingatkan, “Hendaklah kalian berobat dengan sedekah.” Dan Allah sangat senang kepada hamba yang bersedekah, bahkan akan memberikan untuknya ampunan dan balasan yang besar.

“…Laki-laki dan perempuan yang bersedekah… Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (QS. al-Ahzaab: 35)

Allah sayangi mereka yang gemar bersedekah. Baik keadaan senang maupun susah. Siang malam. Sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan. Karena memang hobinya adalah bersedekah. Ada atau enggak ada orang pun dia akan tetap bersedekah.

Allah juga amat menyayangi mereka. Allah persiapkan ampunan dosa untuk mereka. Dan Allah memberikan ganjaran yang agung. Bahkan dalam surah al-Baqarah ayat 271, sedekah akan menutupi dosa-dosa dan kesalahan-kesalahan kita. Allah bersihkan dosa-dosa kita setiap kali kita bersedekah.

Jagalah bersedekah. Kesenangan orang-orang yang beriman adalah menolong, kesenangannya berbuat baik, dia akan merasa senang kalau hari ini sudah bersedekah.

SubhaAllah, walhamdulillah, wala ilaha illallahu wallahu Akbar.

0 comments:

Posting Komentar